Minggu, 14 Agustus 2011

Arti kebersihan itu penting

        Kebersihan sangatlah penting bagi kehidupan kita. Sering kita dengar ungkapan bahwa bersih itu pangkal kesehatan, dari ungkapan ini mengandung arti betapa pentingnya kebersihan bagi kesehatan kita, baik perorangan, keluarga, masyarakat, maupun lingkungan.

          Kebersihan ini merupakan upaya kita untuk memelihara diri dan lingkungan dari segala kotoran dalam rangka mewujudkan keindahan dan kenyamanan sehingga menimbulkan kesehatan. Bersih ini tercipta karena kita sehat. Sehingga sehat merupakan salah satu faktor yang menunjukan kebahagiaan. Kebersihan harus dimulai dari diri sendiri, rumah sendiri dan lingkungan sendiri.

          Dalam lingkungan sekolah terutama didalam kelas hidup bersih itu dimulai dari diri kita sendiri. Maka untuk mencerminkan lingkungan bersih dan sehat didalam lingkungan kelas hendaknya dimulai dari kita sebagai siswa-siswi yang baik.

a. kesehatan lingkungan sekolah ( kelas )

          Tempat pendidikan adalah tempat untuk mendidik anak agar menjadi insan yang baik yaitu beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, memiliki kecerdasan yang tinggi dan keterampilan serta cinta tanah air dan bangsa. Agar tempat kita belajar menjadi nyaman dan cerminan dari kesehatan lingkungan sekitarnya. Maka harus mempunyai sarana kebersihan dan kesehatan yang memadai seperti :

1.     mempunyai peralatan yang sesuai dengan kebutuhan kebersihan seperti sapu, pengki, tempat sampah, lap untuk membersihkan lantai, ember, dan lain-lain.

2.     sebaiknya disetiap kelas mempunyai air bersih untuk memcuci tangan atau pun untuk membersihkan lantai meskipun hanya satu ember namun jangan sampai kotor karena ulah tangan kita yang jahil.

Pengertian air bersih adalah air yang memenuhi syarat kesehatan yaitu yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari yang dapat diminum apabila telah dimasa. Dengan kata lain air besih itu air yang tidak berwarna 
( bersih atau tembus pandang ), tidak berubah rasa dan baunya serta tidak mengandung zat-zat atau kuman yang mengganggu kesehatan. 

1 komentar:

  1. nama penulis blogger ini siapa ya? mau dimasukin kedalam catatan kaki karya ilmiahku. terimakasih

    BalasHapus